Anda Mengidap Insomnia? Kenali Apa Penyebab Susah Tidur

Anda Mengidap Insomnia? Kenali Apa Saja Penyebab Susah Tidur – Tidur merupakan sarana efektif untuk beristirahat. Dengan tidur, niscaya semua beban dan kepenatan selama beraktifitas dapat hilang. Tidur juga berkaitan dengan kesehatan seseorang. Maka, jika Anda mengalami masalah dalam tidur ini, maka boleh dikatakan kesehatan tubuh Anda sedang dalam kondisi menurun.

Penyebab Insomnia

Sama halnya jika Anda mengalami insomnia atau gejala susah tidur. Jika penyakit ini menimpa Anda, berarti Anda harus ekstra waspada akan munculnya keluhan lain yang mungkin justru lebih berbahaya bagi tubuh.

Untuk itu, agar kita dapat terhindar dari penyakit susah tidur ini, ada baiknya untuk mengetahui semua hal yang menyebabkan penyakit ini muncul. Apa saja penyebab seseorang susah tidur di malam hari? Berikut ulasannya.

Penyebab susah tidur

Obat

Ada beberapa macam jenis obat yang bisa meyebabkan susah tidur. Kebanyakan yang mengandung kafein, seperti statin, anti depresi, kortikosteroid, demensia, perawatan alergi, suplemen chondoitin dan glucosamnine.

Parasit

Di dalam usus dan aliran darah terdapat makhluk kecil yang dinamakan parasit. Parasit ini bisa menyebabkan seseorang tidak bisa tidur sepanjang malam. Penelitian dari para ahli menyatakan bahwa parasit ini aktif setiap hari terutama pada waktu dini hari.

Circadian rhythm disruption

Di dalam otak terdapat kelenjar pineal. Kelenjar inilah menghasilkan serotonin ang merupakan hormone yang berpenagruh pada modulasi pola bangun dan tidur. Jika terjadi kekeliruan pada kelenjar ini, maka ada kemungkinan akan mengalami kesulitan tidur.

Gula darah

Apabila Anda mengalami kadar gulka darah yang tyidak stabil, maka keungkinan Anda akan susah tidur. Hal ini disebabkan karena gua darah yang tidak stabil bisa menyebabkan produksi kortisol yang meningkat. Hormon inilah yang mengakibatkan susah tidur. Untuk menjaga kestabilannya, Anda bisa mengkonsumsi makanan berprotein, seperti telur atau susu.

Gluten

Ada kaitan yang erat antara usus dan sistem syaraf otak. Sehingga jika terjadi maslah dalam pencvernaan, maka tubuh akan merespon dengan susha tidur. Gluten adalah salah satu yang dapat mempengaruhi darah ke otak.

Kafein

Selain gluten, kafein juga bisa menyebabkan sulit tidur. Kafein bisa didapatkan dari minuman kopi, soda dan aneka minuman berenergi.Selain itu, kafein juga dapat menjadi penyebab kamu sulit memejamkan mata. Tak hanya kopi, kamu bisa mendapatkan kafein dari soda dan juga minuman berenergi.

Dengan memahami apa saja penyebab yang membuat susah tidru, maka diharapkan akan dapat mencegahnya dengan lebih fektif.

Demikian ulasan mengenai penyebab susah tidur. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi berharga bagi kesehatan tubuh kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *